Senin, 08 Maret 2010

Definisi Penerbitan

Penerbit atau penerbitan adalah industri yang berkonsentrasi memproduksi dan memperbanyak sebuah literatur dan informasi- atau sebuah aktivitas membuat informasi yang dapat dinikmati publik.

Penerbit dari sistem penerbitannya dibedakan sebagai penerbitan umum (konvensional) dan juga penerbitan dengan sistem indie, dimana penulis sebagai penerbitnya.

Secara tradisional, istilah ini mengacu kepada usaha pendistribusian dari usaha percetakan seperti buku dan surat kabar. Dengan perkembangan sistem teknologi informasi, istilah penerbitan mengalami perluasan makna, dimana memasukkan unsur-unsur buku elektronik, seperti e-book dalam sebuah website ataupun blog.

Sumber : wikipedia Indonesia

2 komentar:

  1. ada nggak pengertian yang diambil dari awal mula arti kata harfiahnya ?

    BalasHapus
  2. Dalam pengertian yang lain : Penerbitan adalah suatu usaha atau kegiatan yang berkaitan dengan proses editorial, produksi, dan pemasaran barang-barang, naskah tercetak yang didistribusikan kepada pembaca. Berdasarkan definisi tersebut, dapat kita lihat ada tiga bidang yang berkaitan dengan penerbitan, yaitu bidang editorial, bidang produksi, dan bidang pemasaran. Kalau melihat asal kalimat penerbitan berasal dari kata terbit (publish) atau publikasi yang artinya ditujukan kepada publik (umum), sehingga pengertian penerbitan lebih condong kepada penyajian informasi untuk dinikmati khalayak umum.

    BalasHapus

Silahkan Isikan Komentar, Kesan dan Pesan anda dalam Forum ini, Kami mengharap interaksi dan masukan Anda. Terimakasih